Kamis, 02 Juni 2011

Keluarga Singkong Bahagia "Produk berbahan Dasar Lokal Solusi Diversifikasi Pangan”

Pengolahan singkong menjadi berbagai macam jenis makanan dapat menjadi peluang bisnis yang potensial karena pelaku yang menggarap bisnis tersebut masih sedikit jumlahnya. “Keluarga Singkong Bahagia” merupakan bisnis makanan dan minuman yang sudah lazim dikonsumsi masyarakat, tetapi dengan berbahan dasar singkong. Keluarga singkong ini terdiri dari nenek singkong, ayah singkong, ibu singkong, kakak singkong dan adik singkong. Dari masing-masing anggota keluarga itu merupakan sebuah makanan olahan singkong yang memilki karakter atau sifat yang diumpamkan sebagai orang dalam anggota keluarga.
                                                  
Produk merupakan jenis makanan hasil olahan singkong. Selain memperhatikan kualitas dari produk itu sendiri, produk yang kami tawarkan memiliki nama yang unik. Nama yang diberikan berdasarkan kepada karakter produk itu sendiri. Beberapa nama produk yang coba kami tawarkan diantaranya:
1.    Nenek Singkong: Rempeyek Buah “Nenek Rena”
Makanan yang  berasal dari tepung mocaf yang diencerkan  dengan campuran buah-buah tropika seperti Nenas, nangka, dan  mangga yang diiris tipis. Disebut sebagai nenek singkong karena rempeyek yang terbuat dari tepung mocaf ini kering dan renyah. Rempeyek buah ini kami namakan “Nenek Rena” (Rempeyek rasa nanas).

2.    Ayah Singkong : Es Singkong Puyeng “Ayah Si Puyeng”
Minuman ini terdiri dari potongan singkong karamel ditambahkan es, rumput laut, kopyor, buah-buahan serta susu dan sirup. Selain itu es ini membuat puyeng saat dilihat karena berwarna warni. Oleh karena itu minuman ini disebut dengan Ayah Singkong, karena cita rasa yang kompleks, segar dan puyeng ini dilihat mirip seperti ayah yang pusing mencari uang. Es singkong puyeng ini kami namakan “Ayah Si Puyeng” (Es Singkong Puyeng).

3.    Ibu singkong : Cake Singkong “Ibu Kurniawati”
Makanan yang berasal dari olahan tepung mocaf ini memiliki rasa yang tidak kalah dengan cake yang dibuat dari tepung terigu. Selain itu, tekstur yang terbentuk dari tepung mocaf juga lembut dan padat. Kelembutan makananan ini layaknya kasih sayang seorang ibu yang memberikan kelembutan pada anaknya. Cake Singkong ini kami namakan “Ibu Kurniawati” (Cake unik rasa wah tak tertandingi).  

4.    Kakak Singkong : Karamel Singkong  “Kakak Karsinah”
Makanan ini cocok dijadikan sebagai kudapan ini dapat dihidangkan hangat dan dingin. Dengan taburan saus santan yang kental menambah cantiknya makanan ini. Makanan ini terbuat dari singkong yang direbus dengan gula merah menambah cita rasa yang manis. Hal tersebut yang membuat makanan ini disebut kakak singkong karena tampilannya yang cantik, rasa yang manis dan gurih. Karamel Singkong ini kita kasih nama “Kakak Karsinah” (Karemal singkong enak dikunyah).

5.    Adik Singkong : Puding Singkong “Adik Punarto”
Makanan yang dapat dijadikan penutup makanan utama ini lebih nikmat dihidangkan dingin. Makananan dari agar-agar yang dikombinasikan dengan singkong dan gula aren ini memiliki tekstur tetap lembut dan tampak bergoyang di piring. Hal ini membuat makanan ini disebut sebagai Adik singkong, karena makanan ini layaknya seperti adik kecil yang lucu dan menggemaskan. Puding Singkong ini kami namakan “Adik Punarto” (Puding narsis rasa top).
Ini merupakan ide bisnis Taufik, Wilaga, Fadhil dan Sakinah di ajang “Indonesian Youth Idea” dan berhasil masuk seleksi 25 besar dari peserta awal yang mencapai 500 team.
Silahkan melihat, mengamati, dan memodifikasi. Ditunggu produk bisnis kalian yah... ^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar